Dongeng Arkeologi & Antropologi

Namanya saja “Dongeng”,  bisa dipercaya, silahkan juga jika tidak percaya. Tetapi, jika yang mendongengnya seseorang yang pakar dalam bidangnya, saya kira bisa dipakai sebagai bahan kajian atau pembanding. Meskipun mungkin belum bisa dipakai sebagai sebagai pustaka dalam artikel ilmiah.

Blog ini dituliskan mengingat banyaknya tulisan Ki Bayuaji (nama di dunia maya) yang kami sendiri belum tahu seperti apa Ki Bayuaji ini. Tetapi, melihat perbendahaan naskah dan analisisnya yang tajam, saya kira beliau adalah salah satu pakar sejarah yang dimiliki tanah air kita.

Tulisan-tulisan Ki Bayuaji ini disunting dari tulisan yang sudah diunggah di http://pelangisingosari.wordpress.com/dongeng-arkeologi-antropologi/. Pada blog tersebut, tulisan Ki Bayuaji hanya menempati “gandok” (istilah yang biasa digunakan di blog tersebut) di pojok yang jika tidak jeli tidak bisa melihat bahwa ada “gandok” tersebut diantara “gandok-gandok” yang lain.

Tulisan beliau cukup menarik, karena ada beberapa sisi yang belum pernah diungkap pada naskah yang lain, termasuk pada buku-buku sejarah yang digunakan dalam peljaran sejarah. Sebagian berupa analisis kritis, sebagian mungkin karena temuan-temuan baru baik dari hasil kajian orang lain yang terbaru maupun kajian beliau sendiri.

Mudah-mudahan, informasi ini dapat dipakai sebagai bahan renungan sejarah di masa yang lalu.

Lereng Gunung Kawi, Agustus 2011.

2 Tanggapan

  1. Katur Ki Kalamerta,

    Ada gandhok di padepokan pelangisingosari yang tengah saya cari, lho koq jadi blusukan ke sini. ]

    Wah…wah rupa-rupanya dongeng arkeologi m& antropologi saya, sudah menyebar kemana-mana bagaikan virus.

    He he he…..

    Kalu tidak keberatan saya mohon dapatkan alamat email Ki kalamerta.

    Nuwun

    cantrik bayuaji

    hadu……
    katiwasan, konangan Ki Bayu.

    Ki Bayu
    Ini yang satpam informasikan kemarin, satpam sedang siapkan padepokan sendiri untuk menampung khusus tulisan-tulisan Ki Bayuaji. Karena di pelangisingosari sudah terlalu sarat, sehingga pelan-pelan masing-masing akan satpam buatkan padepokan sendiri, termasuk dongeng arkeologi-nya Ki Bayu.

    Tetapi, karena tangan “nggratil”, pada saat akan membuat padepokan yang menampung Suramnya Bayang, ada kesalahan sehingga username pelangisingosari berubah menjadi kalamerta yang sebenarnya akan satpam gunakan sebagai username Suramnya Bayang-Bayang.

    Ini juga yang menyebabkan kami selama seminggu tidak bisa masuk semua gandok pelangisingosari dan anak-anaknya, karena username berubah. Menyesal, tetapi untuk sementara kami tidak berani merubah, takut kalau ada masalah lagi.

    Penggunaan Kalamerta juga satpam sesali. Belum baca rontalnya sudah pilih nama kalamerta, tadinya satpam pikir nama perguruan tokoh ceritanya, tetapi setelah baca satu jilid, ternyata nama gerombolan penjahat.

    hadu…………..
    satpam masih belum berani rubah lagi, kemarin seminggu satpam tidak disapa Ki Arema karena merusakkan kunci semua padepokan sehingga tidak bisa masuk semua padepokan.

    Ki Bayu,
    sepertinya satpam masih harus bersabar untuk menyelesaikan pindahan gandok ini, karena pada semester terakhir ini ternyata banyak sekali tugas yang harus satpam kerjakan. Selain itu, ADBM teks ternyata harus juga dibuatkan gandok sendiri karena tidak bisa upload lagi ke gandok-gandok yang telah disiapkan. Tetapi, satpam akan berusaha untuk menyelesaikannya, meskipun agak lambat.
    Rencananya, setelah selesai baru “ngaturi” Ki Bayu, untuk mohon dibuatkan kata pengantar.

    lha…, dadak konangan lebih dulu. he he he …..

    nuwun

    satpam

  2. kok nulisnya lengkap sekali, kabarnya satria bhayangkara sudah mulai menampakkan diri….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: